Minggu, 18 Desember 2011

cara untuk menangkap hamster yang hilang

Tips Untuk mencari & Menangkap Hamster yang Melarikan diri

Hamster adalah hewan yang sangat pintar melarikan diri dan sekali waktu mereka dapat meloloskan diri saat sedang bermain. Mereka dpt menyesuaikan diri diarea yg sempit, kemudian menghilang dalam sekejap mata, dan untuk mencari keberadaan mereka bukanlah hal yg mudah. Apabila Anda beruntung, Anda akan dapat menemukan hamster Anda kembali hanya dengan membiarkan pintu kandang terbuka. Sementara itu, dibawah ini telah tersedia beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk menemukan kembali hamster Anda yang hilang:

Dimana Anda harus mencari
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari didaerah yang biasa mereka pergunakan sebagai tempat persembunyian. Lakukanlah pencarian secara seksama sesaat setelah Anda kehilangan hamster Anda, dan ingatlah bahwa kemungkinan besar hamster Anda merasa ketakutan dan akan berusaha untuk mencari tempat yang aman untuk bersembunyi:
  Mulailah pencarian Anda disekitar kandang.
Periksalah bagian belakang maupun bawah mebel Anda, sama halnya dengan bagian bawah dan belakang sofa, dibawah bantal, dll.                                                                                                                 Periksalah lemari, laci, rak dan lemari buku. Jangan lupa untuk melihat kedalam, belakang, dan dibawah barang-barang yang tersimpat ditempat-tempat tersebut.
  Periksalah bagian bawah mebel dan tempat tidur Anda, carilah lubang yang dapat mereka gunakan untuk masuk kedalam mebel/ tempat tidur.
  Periksalah semua kotak yang ada dirumah Anda, termasuk juga kotak tissue
  Periksalah tas punggung, dompet, tas2 yang lain, dan juga sepatu Anda.
  Periksalah bagian dalam dan belakang perabotan Anda, cari apakah terdapat lubang yang dapat dipanjat oleh hamster Anda.
  Carilah lubang ataupun daerah2 dibawah lemari atau apapun yang mengarah ke dinding.

Melacak Hamster yang Hilang
Sangat disayangkan bahwa untuk menemukan hamster yang hilang bukanlah hal yang mudah. Anda mungkin takkan tahu dimana hamster Anda bersembunyi. Dibawah ini tersedia beberapa tips untuk melacak keberadaan hamster yang hilang:
  Ingatlah bahwa hamster adalah hewan nocturnal (hewan yang beraktifitas pada malam hari), maka besar kemungkinan hamster Anda hanya akan bergerak dimalam hari.
Letakkanlah beberapa gundukan kuaci disetiap ruangan dirumah Anda. Apabila ada kuaci yang menghilang disalah satu ruangan, maka Anda akan dapat mengira-ira dimana hamster Anda sedang bersembunyi (kecuali jika ada tikus yang mencuri umpan Anda!)
  Tebarkan sedikit tepung pada bagian lantai disekitar gundukan kuaci tadi. Jejak kaki kecil mungkin akan membawa Anda ke tempat persembunyian hamster yang hilang.
  Hal yang sama harus Anda lakukan didaerah pintu dan didepan daerah yang Anda curigai sebagai tempat persembunyian hamster (misalnya didaerah bawah lemari ataupun lubang didinding). Periksa apakah Anda menemukan jejak kaki disana.
Disore hari, usahakan untuk meletakkan lembaran timah ataupun kertas kaca tipis dilantai (berkonsentrasilah pada bagian yang Anda curigai sebagai tempat persembunyian, pintu, dan didaerah sekitar kandang/ tempat makan), Matikan lampu dan duduklah dengan tenang. Anda akan segera tahu dimana persembunyian hamster Anda hanya dengan mendengar bunyi dari lembaran timah ataupun kertas kaca tipis tersebut ketika terinjak.

Menangkap Hamster
Terkadang, hamster taklah mudah untuk ditangkap walaupun Anda telah tahu dimana persembunyiannya. Maka Anda harus membuat “Jebakan” untuk menangkapnya:
  Beberapa hamster akan kembali kedalam kandang mereka dengan sendirinya. Bukalah pintu kandang dan letakkan didaerah yang dekat dengan tempat Anda biasa meletakkan kandangnya, ataupun letakkan didaerah yang Anda curigai sebagai tempat persembunyian (jangan lupa untuk menyediakan makanan). Kemungkinan besar Anda harus menunggu cukup lama untuk menutup pintu kandang ini kembali, walaupun pada banyak kasus, hamster Anda akan merasa sangat senang karena telah berada kembali di’rumah’nya dan akan segera beristirahat setelah makan.
  Persiapkanlah “tempat/wadah (ember, ataupun yg sejenis) untuk menjebak”, dengan menyediakan wadah ini (haruslah cukup kedalamannya, sehingga hamster Anda tidak akan dapat keluar dari dalamnya, akan tetapi juga jangan terlalu dalam karena dapat membahayakan keselamatan hamster Anda saat ia jatuh kedalamnya). Letakkanl pula handuk dibagian dasar bawah wadah ini. Anda harus meletakkan makanan/snack yang lezat dibagian atas handuk, misalnya saja olesan selai kacang diatas cracker, potongan apel, dan/atau keju (biasanya hamster akan segera mencium baunya). Kemudian buatlah semacam “lereng” dibagian luar, yang terbuat dari kayu, kawat, ataupun tumpukan buku yang akan berfungsi sebagai tangga. Maksudnya agar hamster Anda dapat menggunakan alat ini untuk mendapatkan makanan yang tersedia didalam ember tersebut. Saya belum pernah menggunakan trik ini, tapi banyak yang mengatakan bahwa trik ini dapat berhasil; trik ini dibuat agar umpan yang telah disediakan akan tampak sangat meggiurkan sehingga hamster Anda akan melompat kedalam ember tersebut untuk mendapatkannya.
  Cara terakhir yang dapat Anda pilih adalah dengan menggunakan jebakan tikus (jebakan tikus yang tidak akan membunuh tikus apabila ia terjebak didalamnya) dan pergunakanlah selai kacang sebagai umpannya. Akan tetapi, adakalanya terjadi kesalahan (malfunction) yang kemungkinan akan melukai hamster Anda (walaupun ini adalah kasus yang sangat jarang terjadi).
Ingatlah bahwa Anda harus bersabar dan janganlah cepat berputus asa. Terkadang hamster akan dapat menjaga dirinya sendiri untuk beberapa hari, dan Saya pernah mendengar dari beberapa owner bahwa pada saat mereka percaya hamster2 itu telah menghilang untuk selama-lamanya, kemudian dalam hitungan hari hamster2 itu kembali secara tiba-tiba.

1 komentar:

Thx for leave a comment :) I'll reply it soon on your blog :)